Selasa, 27 Mei 2008

belajar suse

Instalasi Java secara cepat dan mudah pada SuSE Linux dapat dilakukan langsung melalui YAST. Namun, karena kita berniat menjadi programmer, mari kita mulai dengan sedikit hand-made :-).

Salah satu yang membuat bingung waktu install Java, adalah : Java versi yang mana yang harus saya pakai ? Ada versi Sun, ada versi IBM dan ada versi vendor lain. Meski pada dasarnya sama, hal ini cukup membingungkan. Apa saya saja yang kebingungan sendiri ya :-).


Mudahnya, kita akan gunakan Java yang didownload dari Sun. Pada link http://java.sun.com, ada 3 variasi Java, yaitu Java SE, Java ME dan Java EE. Kita langsung dari yang awal yaitu J2SDK.

1. Download Java SE dari http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp

Ambil untuk Linux. Tidak usah yang dibundel dengan Netbeans ataupun yang lainnya. Saat ini versi terbaru adalah 1.6.0. Untuk Linux ada 2 tipe ( Linux RPM in self-extracting file dan Linux in self-extracting file), ambil yang kedua, dengan nama jdk-6-linux-i586.bin

2. Copy ke folder /opt

3. Masuk ke Konsole / Terminal

Perintah : ALT+F2, ketik konsole

4. Install Java SE. Pada Konsole, ketikkan perintah berikut [tanda # jangan ikut diketik. Itu merupakan prompt user root. Kalau masuk sebagai user biasa, lambangnya adalah $. Untuk masuk ke prompt root dari user biasa, ketik su dan masukkan password root] :

# chmod +x /opt/jdk-6-linux-i586.bin

# ./jdk-6-linux-i586.bin [Note : titik-slash-namafile]

5. Check hasil instalasi

Java -version

java version "1.6.0"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.6.0-b105)
Java HotSpot(TM) Client VM (build 1.6.0-b105, mixed mode, sharing)

Bagaimana jika yang kita install adalah versi 1.6.0 tapi versi yang keluar adalah versi lain ? Berarti sudah ada Java SDK yang tertanam di Linux. Java yang baru saja kita install terletak pada folder /opt/jdk1.6.0. Coba check dengan perintah berikut.

# ls -l /usr/bin/java

lrwxrwxrwx 1 root root 22 Jan 24 09:22 /usr/bin/java -> /etc/alternatives/java

Jika hasilnya seperti diatas atau folder tidak sesuai, kita bisa bisa "memaksa" agar SuSE menggunakan Java yang baru saja kita install. Ketik perintah berikut :

# ln -s /usr/bin/java /opt/jdk1.6.0/bin ln -s /opt/jdk1.6.0/bin/java /usr/bin/java --> revisi dari kel. Lihat bagian Comment.

Check ulang dengan perintah Java -version

6. Buatkan ClassPath agar kompiler Java [javac] bisa dikenal dari berbagai folder, dengan langkah sebagai berikut :

- Buat file dengan nama .bash_profile. Simpan pada home directory. Jika masuk sebagai root, simpan pada /root. Jika masuk sebagai user biasa, simpan pada /home/namauser. Pada Linux, file yang diawali dengan tanda titik berarti hidden file.

- Ketik isi file .bash_profile dengan :

JAVA_HOME=/opt/jdk1.6.0

export JAVA_HOME

export PATH=$PATH:$JAVA_HOME/bin

- Simpan

7. Log-off dari SuSE

8. Masuk kembali

9. Test Kompiler. Buka konsole, ketik

# javac

Jika menghasilkan keluaran, berarti kompiler Java sudah siap digunakan. Jika belum, check ulang penulisan CLASSPATH dan sesuaikan dengan kondisi instalasi.

Tidak ada komentar: